Daftar Harga Sewa Mobil Kami Mulai Rp. 250.000. Melayani Sewa Mobil Alphard Banyuwangi , Fortuner , HiAce , Mini dan Big Bus , Elf Long dan Short , Innova . Segera buktikan sendiri kelebihan kami

Menengok Kekhasan suku Using Dengan Wisata Budaya di Desa Kemiren



Banyuwangi tidak sekedar menawarkan wisata alam dan kuliner bagi para wisatawan. Banyuwangi juga menawarkan wisata budaya karena masyarakat Banyuwangi masih mempertahankan kebudayaan lokal yang khas. Kemiren menjadi salah satu tempat di Banyuwangi dengan kekentalan adat suku Using. Desa Adat Kemiren Banyuwangi merupakan tempat yang menyajikan nuansa kebudayaan lokal.
Desa Kemiren dipenuhi dengan orang-orang suku using dan semuanya masih mempertahankan adat serta tradisinya. Bahasa sehari-hari warga Desa Kemiren adalah bahasa Osing. Dikarenakan masih kentalnya tradisi dan adat asli suku Using di Desa Kemiren, maka pemerintah telah menetapkan Desa Adat Kemiren Banyuwangi menjadi cagar budaya yang merupakan tempat mempertahankan tradisi dan budaya asli suku asli Banyuwangi.
Wisatawan yang berkunjung ke desa adat ini dapat pula melihat rumah adat suku Using. Dari sekian banyak daya tarik di desa Kemiren, salah satunya adalah makanan khasnya yaitu pecel pitek. Selain itu, di desa adat ini terdapat sanggar bernama Genjah Arum yang di desain bertema rumah nuansa tempoe doeloe. Masuk ke kawasan desa adat, wisatawan akan merasakan sensasi berbeda.
Di desa Kemiren cukup sering diselenggarakan festival, salah satunya Ngopi Sewu. Festival Ngopi Sewu ini menjadi acara tahunan yang digelar pemerintah Banyuwangi. Festival Ngopi Sewu ini yang diadakan di Desa Kemiren, kemudian penduduk Desa Kemiren menyediakan kursi dan meja di depan rumahnya yang dilengkapi sajian kopi khas Banyuwangi, lalu kopi dinikmati bersama-sama. Selain itu, Wisata budaya di Desa Adat Kemiren Banyuwangi juga dipenuhi dengan atraksi yang salah satunya ialah Barong Osing.
Apabila wisatawan berkunjung ke Desa Kemiren saat hari ke-2 Idul Fitri yang bertepatan dengan 2 syawal, maka wisatawan bisa menyaksikan Parade budaya “Barong Ider Bumi”. Parade adat warga Kemiren ini biasanya menyedot perhatian banyak wisatawan. “Barong Ider Bumi” merupakan upacara adat yang telah dilaksanakan leluhur Suku Using Desa Kemiren.
Desa Kemiren merupakan tempat tinggal penduduk lokal suku Using. Desa ini masuk wilayah kecamatan Glagah. Agar lebih mudah sampai di tujuan gunakan sewa mobil murah Banyuwangi melalui www.gotransportbanyuwangi.com maka perjalanan Anda akan lebih mudah dengan dukungan sopir yang ramah dan berpengalaman. Akan lebih seru bila Anda berwisata bersama teman-teman.


Share: