Daftar Harga Sewa Mobil Kami Mulai Rp. 250.000. Melayani Sewa Mobil Alphard Banyuwangi , Fortuner , HiAce , Mini dan Big Bus , Elf Long dan Short , Innova . Segera buktikan sendiri kelebihan kami

Baluran - Africa Van Java Nan Eksotis



Taman Nasional Baluran merupakan obyek wisata yang terletak diantara Kota Banyuwangi dan Situbondo. Secara administratif TN Baluran masuk wilayah Situbondo, tetapi sebenarnya jaraknya lebih dekat bila wisatawan melakukan perjalanan dari Banyuwangi. Baluran merupakan savana terluas yang ada di Pulau Jawa. Baluran memiliki luas area sekitar 25 ribu hektar.
Berbeda dengan taman nasional lain yang menyerupai hutan belantara, Baluran memiliki hamparan hijau padang rumput luas. Luas savana atau padang rumput baluran mencapai sepertiga luas keseluruhan yakni sekitar 10 ribu hektar. Dan sebagian wilayahnya, juga merupakan tempat konservasi yakni hutan lindung.
Taman Nasional Baluran digadang-gadang  memiliki kemiripan dengan savana di Afrika. Rerumputan terbentang luas sepanjang pandangan mata, beberapa pohon bercabang banyak seolah terlihat mekar di atas rerumputan. Selain itu latar belakang tingginya Gunung Baluran juga menambah pesona Baluran. Gunung Baluran menjulang akan tampak jelas saat cuaca cerah. “Africa Van Java” menjadi julukan yang melekat dengan Baluran.
Baluran menjadi tempat tinggal bagi hewan-hewan khas padang rumput diantaranya rusa, banteng, kerbau, monyet ekor panjang, dan merak. Wisatawan bisa berfoto dekat hewan-hewan yang merumput di savana. Kawasan Taman Nasional Baluran terbagi menjadi beberapa wilayah berbeda-beda. Inilah yang juga menjadi keunikan dari Taman Baluran. Beberapa wilayah Taman Baluran antara lain :
1.       Hutan Musim
Di awal memasuki Baluran sekitar 5 kilometer, wisatawan akan disambut hutan musim yang rimbun. Pada musim hujan, hutan tersebut akan hijau dan rimbun. Namun di musim kemarau, hutan ini akan kehilangan hijau dedaunannya karena dan berubah menjadi warna kuning dan daunnya akan rontok, hingga hutan musim ini didominasi oleh warna coklat dari daun kering yang rontok.
2.       Hutan Evergreen
Di sekitar kilometer 6 hingga 9, wisatawan akan menikmati suasana hutan evergreen. Di hutan akan selalu hijau sepanjang tahun, sepanjang musim. Hutan ini berada di tanah subur. Di hutan ini, ada aliran sungai yang mengalir terus dan membuat hutan ini selalu hijau dan rimbun.
3.       Savana
Di savanna ini menjadi spot favorit Baluran. Wisatawan bisa memandangi luasnya padang rumput dan hewan-hewan melalui menara setinggi kurang lebih 30 meter.
Sekawanan rusa biasa melintas di jalan dan menghentikan kendaraan yang sedang lewat, pemandangan demikian seolah-olah membawa wisatawan jauh berwisata ke afrika. Dengan tour n rent car murah Banyuwangi melalui www.gotransportbanyuwangi.com, perjalanan wisata Anda akan lebih mudah.

Share: